Menu Close

Articles on Energi terbarukan

Displaying all articles

Penelitian penulis dan tim mahasiswa tentang pengolahan limbah cair kelapa sawit sekaligus produksi listrik terbarukan menggunakan microbial fuel cells di Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya.

Bagaimana makhluk hidup bisa menjadi sumber daya listrik terbarukan

Penelitian penulis dan tim mahasiswa tentang pengolahan limbah cair kelapa sawit sekaligus produksi listrik terbarukan menggunakan microbial fuel cells di Fakultas Teknobiologi Unika Atma Jaya.
Konsep ekonomi sirkular bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengatasi persoalan sampah di Indonesia. pixabay

Ekonomi sirkular saat pandemi : menciptakan lapangan kerja dan mengurangi sampah

Sistem ekonomi konvensional harus bisa beralih kepada ekonomi sirkular yang bisa ciptakan pekerjaan, kurangi biaya bahan baku dan selamatkan lingkungan.
Seorang pekerja pembangkit listrik Hazelwood menggantung topinya di pagar kawasan pembangkit yang ditutup setelah 52 tahun beroperasi. AAP Image/Mal Fairclough

Bagaimana transisi dari batu bara: 4 pelajaran dari penutupan pembangkit di berbagai negara

Beberapa negara penghasil batu bara, seperti Jerman dan Spanyol, sedang melakukan paket transisi utama yang adil. Namun, negara-negara lain kurang berhasil.
Panel-panel surya menyediakan energi di desa ini, tapi mereka akan menjadi usang ketika jaringan listrik nasional tiba di sana. Shutterstock

Tanpa perencanaan yang baik, masa depan infrastruktur energi terbarukan tak menentu

Desentralisasi energi telah dipuji di banyak negara maju sebagai pelopor demokratisasi energi, tapi gambaran itu sangat berbeda di negara-negara berkembang.
Panel surya mengalahkan batu bara sebagai sumber pembangkit energi listrik terpopuler sedunia tahun lau. AAP Image/Lukas Koch

Tenaga surya kini sumber listrik terpopuler di dunia

Panel surya dan energi angin telah melampaui batubara sebagai sumber utama pembangkit listrik baru di dunia. Turunnya harga dan teknologi penyimpanan baru membuat energi bersih semakin dapat dicapai.

Top contributors

More