Menu Close

Articles on Energi terbarukan

Displaying 1 - 20 of 61 articles

Bendungan Seli'š Ksanka Qlispe’ menyediakan listrik yang cukup untuk sekitar 147.000 rumah di Flathead Indian Reservation di Montana. Martina Nolte via Wikimedia Commons

Apa itu energi listrik tenaga air dan bagaimana cara kerjanya?

Bagaimana air yang mengalir menghasilkan listrik? Seorang insinyur menjelaskan pembangkit listrik tenaga air.
Warga asli dari lima kampung yakni Pasir Merah, Belongkeng, Pasir Panjang, Sembulang Tanjung, dan Sembulang Hulu yang terdampak Proyek Strategis Nasional (PSN) Rempang Eco-City Pulau Rempang tahap pertama menggelar aksi solidaritas dan doa bersama menolak untuk direlokasi. (Teguh Prihatna/Antara)

Konflik Rempang: transisi energi yang berujung kolonialisme baru dan merugikan kaum adat

Penjajahan dilakukan oleh pihak-pihak yang kuat, tak hanya pihak asing. Masyarakat adat menjadi pihak terjajah karena ruang hidup yang terebut dan hak-hak mereka diberangus.
People shout slogans during a protest in Jakarta against plans to evict 7,500 residents from Rempang island to make way for a Chinese-owned glass factory as part of an ‘Ecocity’ development. EPA-EFE/MAST IRHAM

Konflik Rempang: bagaimana proyek transisi energi yang didukung Cina justru merampas lahan rakyat (bagian 2)

Konflik Rempang menunjukkan bahwa unjuk gigi energi bersih negara-negara global justru menciptakan “zona pengorbanan” di negara-negara berkembang.
Masyarakat meneriakkan slogan-slogan saat melakukan protes di Jakarta menentang rencana pengusiran 7.500 penduduk dari Pulau Rempang untuk dijadikan pabrik kaca milik Cina sebagai bagian dari pembangunan ‘Ecocity’. EPA-EFE/MAST IRHAM

Konflik Rempang: bagaimana proyek transisi energi yang didukung Cina justru merampas lahan rakyat (bagian 1)

Konflik Rempang menunjukkan bahwa unjuk gigi energi bersih negara-negara global justru menciptakan “zona pengorbanan” di negara-negara berkembang.
Transisi energi ramah lingkungan yang ambisius memerlukan lebih banyak logam dan mineral yang digunakan untuk membangun teknologi energi ramah lingkungan. (AP Photo/Mary Altaffer)

Bagaimana upaya daur ulang bisa jadi solusi kelangkaan mineral untuk energi terbarukan

The demand for the minerals needed to build clean energy technology currently exceeds the available supply. If this issue continues, governments may find it hard to reach their clean energy targets.

Top contributors

More