Menu Close

Articles on sekolah

Displaying 1 - 20 of 38 articles

(INOVASI/Senza Arsendy)

Yang juga penting saat kembali belajar tatap muka: memulihkan hasil belajar murid rentan dan mencegah ketimpangan

Tutupnya sekolah selama setahun memperparah hilangnya hasil belajar (“learning loss”) murid terutama yang berasal dari kelompok rentan. Ini bisa mempertajam kesenjangan dan mengancam masa depan mereka.
Sejumlah murid mengikuti kegiatan belajar mengajar di Sumedang, Jawa Barat pada bulan November 2020 dengan kapasitas 20% dan waktu empat jam belajar. (ANTARA FOTO/Novrian Arbi)

Menyerahkan pembukaan sekolah ke daerah: pemerintah pusat lepas tangan atau sudah keputusan yang tepat?

Apakah kebijakan pemerintah pusat untuk menyerahkan pembukaan belajar tatap muka ke pemerintah daerah mulai semester genap tahun ajaran 2020/2021 ini adalah langkah yang tepat?
(ANTARA FOTO/Fauzan)

Sekolah boleh buka kembali pada tahun 2021: mengapa ini dilakukan dan apa yang perlu disiapkan

Kami sebagai peneliti di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mencoba memberi penjelasan mengapa pemerintah memutuskan membolehkan membuka sekolah kembali di tengah pandemi.
Anak-anak penyandang autisme memiliki karakter khusus dan perlu strategi pembelajaran yang juga spesifik. Olesiabilkei | Raisingchildren.net.au

Memajukan pendidikan untuk anak autisme di Indonesia, apa kendalanya?

Kekosongan regulasi yang operasional menjadi salah satu faktor terhambatnya layanan pembelajaran untuk anak-anak autis yang memadai. Kolaborasi antara aktor pendidikan dan masyarakat juga kurang.
Anak-anak dari kelompok rentan banyak menjadi korban perundungan yang dampak buruknya berlanjut hingga mereka dewasa. (Unsplash/Duangphorn Wiriya)

Di Aceh, trauma perundungan dari SD terbawa hingga dewasa

Riset baru saya di Aceh menunjukkan sebagian besar anak yang mengalami perundungan berasal dari kelompok etnis atau agama minoritas. Trauma yang dialami ketika kecil tersebut bertahan hingga dewasa.
Melalui Kepmendikbud yang baru diterbitkan, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan kebebasan bagi institusi pendidikan untuk memilih satu di antara tiga pilihan kurikulum selama pandemi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sekolah perlu terapkan kurikulum mandiri saat pandemi - bukan “kurikulum darurat” anjuran Mendikbud Nadiem

Salah satu skema ‘kurikulum darurat’ anjuran Nadiem - yakni mengurangi Kompetensi Dasar dalam kurikulum - masih bias kelas. Penyederhanaan kurikulum secara mandiri oleh sekolah adalah pilihan terbaik.
Jika sekolah dibuk secara bertahap, langkah pencegahan virus selama di sekolah harus diperketat dan jika ada kasus positif segera dikarantina. EPA-EFE

Coronavirus masih menular: apakah aman bagi anak-anak untuk kembali sekolah?

Riset menunjukkan bahwa anak-anak lebih sedikit terinfeksi virus corona dan tidak berperan utama dalam penularan. Karena itu, disarankan untuk mengembalikan anak-anak ke sekolah secara bertahap.
Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 8 Makassar mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer, Maret 2019. Gosulpict 1/Flickr

Menteri Nadiem “akhiri sejarah” UN dan kembalikan kuasa penilaian pada guru. Apakah mereka mampu?

Pertanyaanya, apakah guru sudah siap menerima peran dan tanggung jawab ini? Dengan kata lain, apakah guru sudah memiliki kompetensi yang memadai untuk mengaplikasikan penilaian formatif?
Studi menunjukkan 4,75% dari remaja usia 13-18 tahun di seluruh Indonesia pernah berpikiran bunuh diri setidaknya sekali dalam setahun terakhir. Shutterstock

Merawat kesehatan mental siswa perlu lebih dari sekadar BK

Kasus bunuh diri siswi SMP 147 Jakarta Timur membuat komunitas pendidikan mempertanyakan kesehatan mental di lingkungan sekolah. Akademisi menyarankan tiga hal untuk memperbaikinya.

Top contributors

More