Menu Close

Articles on Industri

Displaying all articles

Seorang pekerja tengah berada di area penimbunan di stasiun khusus batu bara di Sumatra. BK Awangga/shutterstock

Tak cuma sektor energi, Indonesia perlu transisi industri yang matang demi meraih transisi berkeadilan

Transisi industri penting untuk menciptakan nilai tambah ekonomi dan lapangan pekerjaan baru yang berkelanjutan dan rendah karbon. Sayangnya, perannya masih luput dari perhatian pemerintah.
Pekerja tengah memproses produksi aksesoris otomotif di sebuah panbrik di Jakarta. BK Awangga/shutterstock

Visi Misi Pemilu 2024: Menakar janji industrialisasi dan hilirisasi Paslon Capres-Cawapres

Sektor manufaktur dan ekspor mineral pegang peranan besar dalam perekonomian dan penyerapan tenaga kerja Indonesia. Penting bagi pemilih untuk menyimak rencana kebijakan para paslon di sektor ini.
Antara 2012 dan 2021, pendanaan untuk perusahaan rintisan teknologi AS melonjak menjadi $344 miliar. gorodenkoff/iStock via Getty Images

Apa perbedaan antara ‘startup’ dan bisnis lainnya?

Bisnis tradisional beroperasi dengan solusi yang sudah mapan untuk masalah yang sudah diketahui. Perusahaan rintisan berfokus pada produk atau layanan yang tidak disediakan oleh orang lain.
Teknologi semakin canggih dan dapat mengubah kehidupan kita.

Mengapa era revolusi industri 4.0 belum terwujud?

Banyak perusahaan yang lamban dalam memanfaatkan teknologi seperti AI dan 3D printing. Inilah yang menghalangi revolusi industri 4.0 untuk terwujud.
(iStock)

Survei: kemampuan bertoleransi dan menghargai keberagaman menjadi prioritas Gen Z dalam dunia kerja

Di tengah era ekonomi yang disruptif dan semakin beragam ini, Gen Z lebih peka terhadap berbagai jenis perbedaan latar belakang di tengah masyarakat. Industri harus lebih sigap menanggapi perubahan ini.
Magang dianggap sebagai langkah baik untuk pengembangan karir, tapi belum semua perusahaan memberikan kompensiasi yang tepat. Shutterstock

Magang perlu dibayar atau tidak? Ini pendapat akademisi

UU Ketenagakerjaan sudah mewajibkan perusahaan untuk memberikan uang saku dan pada anak magang. Tapi, fakta di lapangan menunjukkan tidak banyak perusahaan di Indonesia yang melakukannya.
Cerita sukses startup seharusnya tidak menutupi bahwa ekonomi dan populasi Indonesia bergantung pada pelbagai bisnis kecil dan mikro dengan teknologi rendah dan tingkat pertumbuhan rendah. Mast Irham/EPA

‘Making Indonesia 4.0’ dan mendukung startup penting, tapi mana dukungan untuk jutaan pengusaha mikro?

Ekonomi Indonesia dibangun sebagian besar oleh pengusaha mikro, yang kebanyakan rakyat miskin. Namun birokrasi yang rumit dan korupsi menahan mereka masuk ke dalam sektor ‘formal’.

Top contributors

More