Menu Close

Articles on omnibus law

Displaying all articles

Rapat Paripurna DPR mendengarkan laporan Badan Legislasi DPR mengenai Penetapan Prolegnas RUU Prioritas tahun 2021. Muhammad Adimaja/Antara Foto

Tiga masalah dalam revisi undang-undang terkait UU Cipta Kerja

Tampak bahwa DPR dan pemerintah tidak memiliki adanya proses perencanaan pembentukan UU yang baik.
Sejumlah demonstran berusaha menghindari gas air mata saat aksi unjuk rasa menolak Undang-Undang Cipta Kerja (UU Omnibus Law) yang berujung ricuh di Jalan Sultan Alauddin, Makassar, Sulawesi Selatan. ANTARA FOTO/Arnas Padda/yu/AWW.

Bagaimana UU Cipta Kerja merusak desentralisasi yang dibangun setelah reformasi

Tulisan ini ingin menunjukkan bagaimana UU Cipta Kerja melunturkan warna desentralisasi yang Indonesia sudah bangun sejak dua dekade silam
Anggota DPR dari Fraksi Demokrat meninggalkan ruang sidang paripurna menjelang pengesahan RUU Cipta Kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, 5 Oktober 2020. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/pras.

Panel ahli: UU Cipta Kerja tak jamin investor datang ke Indonesia, lingkungan berpotensi makin rusak

Dengan dicabutnya hak-hak pekerja dalam omnibus law, tidak menutup kemungkinan persepsi investor khususnya negara maju jadi negatif terhadap Indonesia.
Para pekerja perempuan sedang bekerja di pabrik wig, Yogyakarta, 13 Desember 2019. RWicaksono/Shutterstock

Kasus Aice: dilema buruh perempuan di Indonesia dan pentingnya kesetaraan gender di lingkungan kerja

Tenaga kerja perempuan masih mengalami banyak permasalahan di Indonesia. Sudah ada undang-undang yang mengatur hak ini dengan jelas, namun belum dilaksanakan dengan baik.

Top contributors

More