Menu Close

Articles on Sejarah

Displaying all articles

Puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok dengan ketinggian 3.726 m terlihat jelas saat pagi hari dari Desa Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat. ANTARA FOTO/Ahmad Subaidi/Koz/mes/10.

Misteri Gunung Samalas: erupsi gunung api yang mengubah dunia pada Abad Pertengahan ternyata ada di Indonesia

Gunung Samalas menambah daftar gunung berapi di Indonesia yang letusannya berdampak signifikan ke benua lain, setelah Gunung Tambora, Gunung Krakatau, dan Gunung Agung.
Demonstran melakukan unjuk rasa menolak PKI di depan Istana Merdeka, Jakarta. Protes serupa dari kalangan agama juga pernah terjadi pada tahun 1965. ANTARA FOTO/Rosa Panggabean/aww/16.

Pendekatan humanis gereja Katolik pada tahanan politik terduga komunis pasca 1965

Penelitian doktoral saya menunjukkan bagaimana gereja Katolik memiliki cara yang berbeda dalam menanggapi isu 1965 ini dengan menggunakan pendekatan yang humanis.
David Fairchild (tengah) sedang meminum air kelapa di sela penelitiannya di Jawa Barat. Fairchild, D. (1938). The World was My Garden: Travels of Plant Explorer. New York, London

Bagaimana perkembangan ilmu pengetahuan pada masa penjajahan melupakan peran orang pribumi

Di dalam sejarah ilmu pengetahuan, peran kelompok yang memungkinkan kolaborasi dilakukan antara ilmuwan Barat dan orang pribumi yang memiliki pengetahuan lokal dihilangkan dari narasi sejarah.
Sumpah jabatan Bacharuddin Jusuf Habibie sebagai Presiden Indonesia, menggantikan Suharto setelah pengunduran dirinya. B.J. Habibie: 72 Days as Vice President

Menyisir jejak politik Habibie dan kontribusinya pada demokrasi dan gerakan antikorupsi di Indonesia

Habibie lebih banyak dikenal melalui perannya dalam bidang kedirgantaraan dan perkembangan sains di Indonesia. Tapi Habibie juga memiliki peran penting dalam tranformasi politik di Indonesia.
Sejarawan terkemuka Jared Diamond menyebutnya “fakta tunggal paling memukau dari geografi manusia” - bahwa pulau-pulau di Afrika Timur, Kepulauan Komoro dan Madagaskar, memiliki pengaruh kebudayaan Asia dan Afrika. www.shutterstock.com

Cerita orang Banjar menjadi leluhur orang Madagaskar dan Komoro

Riset ini menggabungkan data dan hipotesa dari riset linguistik, arkeologis, dan genetik tentang masyarakat Komoros dan Madagaskar.
Diskusi dalam peluncuran buku Desawarnana di auditorium Perpustakaan Nasional, Jl. Medan Merdeka Selatan No. 11, pada 16 November. Natasya Salim/The Conversation

Dua karya penting—jurnal medis Hindia Belanda & Negarakertagama—lebih mudah diakses publik luas

Dua karya sejarah penting kini lebih mudah diakses. Ada jurnal medis Hindia Belanda yang kini bisa dibaca dalam bahasa Inggris, juga ada Negarakertagama untuk remaja.
Abdurrashim, pernah ditahan 12 tahun tanpa peradilan karena dituduh terafiliasi dengan Partai Komunis Indonesia. Ia menghadiri Simposium Nasional Tragedi 1965 yang diselenggarakan pemerintah di Jakarta 18-19 April 2016. Reuters/Darren Whiteside

Demi rekonsiliasi, memahami sejarah tragedi 1965 harus menyeluruh

Baik tentara, korban, penyintas, para aktivis HAM, dan masyarakat luas, kerap menyederhanakan narasi mengenai tragedi 1965.

Top contributors

More