Menu Close

Articles on Perempuan

Displaying 1 - 20 of 93 articles

Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) melakukan uji laboratorium narkotika sebelum dimusnahkan di kantornya di Jakarta pada 9 Juni 2022. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU

Riset baru: pengendalian narkotika di Indonesia merugikan perempuan dan membahayakan kesehatan mereka

Menghapus hukuman pidana untuk penggunaan narkotika dan pelanggaran terkait akan segera menghilangkan kebutuhan akan intervensi polisi di area yang seharusnya berada di bawah otoritas kesehatan.
Studi dari IJRS yang menganalisis 735 putusan pengadilan sepanjang 2018-2020 menunjukkan kasus kekerasan seksual banyak terjadi di lingkungan yang dekat dengan korban. (TCID/Flourish)

Data Bicara: negara gagal lindungi mayoritas korban yang alami kekerasan seksual di lingkungan terdekat

IJRS membedah 735 putusan pengadilan selama 2018-2020 dan menemukan mayoritas korban kekerasan seksual adalah anak perempuan di bawah umur yang diperkosa pacar atau keluarga sendiri.
Pelajar laki-laki dan perempuan berkampanye menolak menjadi target pemasaran rokok di Jakarta, Februari 2017. Lentera Anak

Mengapa rokok menghambat tercapainya kesetaraan gender di Indonesia

Perilaku merokok pada perempuan bukan lagi tentang kebebasan berekpresi dan perlawanan terhadap penindasan jika mereka selama ini menjadi obyek eksploitasi perusahaan rokok untuk meraup keuntungan.
Aktivis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta menggambar mural saat menggelar aksi solidaritas di depan Kejaksaan Agung, Jakarta untuk jurnalis Tempo Nurhadi yang menjadi korban kekerasan, 1 Desember 2021. Jurnalis perempuan juga kerap jadi korban kekerasan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc

Hampir 90% jurnalis perempuan Indonesia pernah mengalami kekerasan, mengapa begitu masif?

Kita perlu mendorong pemerintah segera membuat protokol tertulis tentang perlindungan jurnalis perempuan sebagai bagian dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
Indonesia mengelola jaringan madrasah (sekolah berbasis agama Islam) yang terbesar di dunia. Sekolah-sekolah ini telah berperan besar dalam memberikan akses pendidikan bagi anak perempuan, dan bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Taliban bisa belajar dari sistem madrasah di Indonesia untuk memperluas akses sekolah bagi perempuan di Afganistan

Indonesia bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban terkait bagaimana suatu negara mayoritas Muslim maupun organisasi keagamaan dapat memperluas akses pendidikan bagi anak perempuan.

Top contributors

More