Articles on COVID-19

Displaying 1 - 20 of 190 articles

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan keterangan terkait perekonomian nasional di masa pandemi COVID-19 di Jakarta, Rabu (5/8/2020). Airlangga mengatakan setelah pada kuartal II tahun 2020 ekonomi Indonesia terkoreksi 5,32 persen, dibutuhkan belanja minimal Rp800 triliun perkuartal ke berbagai sektor untuk mempersempit ruang pertumbuhan negatif. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww. Antara Foto

Resesi mengintai Indonesia di bulan September: apa penyulutnya dan akibatnya

Penurunan konsumsi domestik dan melemahnya permintaan dari luar negeri karena pandemi COVID-19 membuat Indonesia terancam resesi, angka pengganguran dan kemiskinan meningkat bisa jadi akibatnya.
Sebuah studi menemukan bahwa 86% dari 1.683 responden penyandang disabilitas yang bekerja mengalami penurunan pendapatan hingga 80% selama pandemi COVID-19. (ANTARA FOTO/M Agung Rajasa)

Bagaimana COVID-19 memperparah kesejahteraan penyandang disabilitas di Indonesia

Penyandang disabilitas adalah kelompok rentan yang paling parah merasakan dampak COVID-19. Berdasarkan suatu studi, 86% dari 1.683 responden perkerja difabel berkurang penghasilannya hingga 80%.
Perajin menyelesaikan pembuatan batik di industri rumahan di Rusun Marunda, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menargetkan 4,8 juta UMKM mendapatkan dana stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan dana yang telah dialokasikan sebesar Rp1 triliun. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp. Antara Foto

UMKM Indonesia tahan banting pada krisis 1998 dan 2008, tapi tidak saat pandemi

Pembatasan kegiatan dan mobilitas orang membuat pandemi COVID-19 lebih berat bagi UMKM dibandingkan krisis 1998 dan 2008.
Sejumlah wisatawan berada di kawasan Pantai Melasti, Badung, Bali, Rabu (24/6/2020). Beberapa pengelola pantai mulai membuka kembali kunjungan wisatawan dengan penerapan prokotol pandemi COVID-19. Fikri Yusuf/ANTARA FOTO

Bagaimana laut menyembuhkan dirinya sendiri selama pandemi

Pembatasan aktivitas manusia memberikan waktu bagi ekosistem laut untuk memulihkan diri. Namun, kehadiran manusia dibutuhkan untuk program konservasi laut.
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) memberikan dokumen tanggapan pemerintah kepada Ketua DPR Puan Maharani (kanan) yang disaksikan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kedua kanan) dan Rachmad Gobel (kiri) pada rapat paripurna DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Rapat tersebut beragendakan mendengarkan tanggapan pemerintah terhadap pandangan Fraksi atas Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) RAPBN TA 2021. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww. Antara Foto

Untuk hindari krisis fiskal, pemerintah harus hati-hati kelola hutang COVID-19

Hutang pemerintah akibat COVID-19 yang menggunung berpotensi membuat masalah dalam jangka menengah dan panjang.
Seorang tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri lengkap saat jam pertukaran piket di rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Banten, 13 Juli 2020. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

4 gelombang besar pandemi Covid-19 menghantam sistem pelayanan kesehatan

Strategi utama adalah segera menekan pertumbuhan kasus baru Covid-19 di masyarakat agar rumah sakit tidak kewalahan menampung pasien.
Sejumlah mahasiswa menuntut pemotongan biaya kuliah serta transparansi anggaran universitas selama proses perkuliahan daring. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bantuan kuliah Nadiem masih solusi jangka pendek dan belum mengatasi ketimpangan PTN dan PTS

Dana Rp 1 triliun untuk keringanan biaya kuliah dari Kemendikbud yang diprioritaskan untuk PTS dinilai sebagai langkah baik. Tapi, akademisi mengingatkan kesenjangan antara PTN dan PTS masih tinggi.
Pekerja mengemas kerupuk kulit di salah satu UMKM di Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Rabu (10/6/2020). Pelaku usaha mengaku, produksi kerupuk kulit berbahan dasar kulit sapi dan kulit kerbau sejak tiga bulan terakhir menurun hingga 70 persen karena terkendala bahan baku. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/aww. Antara Foto

Bagaimana pinjaman dengan skema berbagi risiko bisa membantu UMKM di tengah Pandemi COVID-19

Untuk dapat bertahan dan melalui masa pandemi, usaha kecil butuh bantuan keuangan yang berpihak dan memahami betul kondisi yang dialami sektor ini.

Top contributors

More