Menu Close

Articles on Pandemi COVID-19

Displaying 1 - 20 of 62 articles

Rumah sakit darurat COVID-19 Wisma Atlet Kemayoran Jakarta, 10 September 2020, siap menjadi tempat isolasi di tengah makin tingginya kasus positif di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.

Jakarta PSBB lagi, dokter keluarga punya peran menurunkan angka kasus COVID-19

Dokter keluarga punya peran penting untuk mendiagnosis yang tepat sekaligus memberikan pendidikan yang benar kepada para pasiennya agar masyarakat patuh protokal pencegahan COVID.
Industri makanan dan minuman memiliki peran besar dalam meningkatkan jumlah orang obesitas karena produknya mengandung gula tinggi dan minim serat. Caleb Oquendo/pexels.com

Obesitas berisiko terinfeksi COVID-19: mengapa Indonesia harus batasi akses makanan tidak sehat?

Peningkatan status kesehatan masyarakat membutuhkan pilihan dan kemauan politik karena krisis kesehatan tidak dapat dicegah hanya dengan perubahan gaya hidup, tapi juga perubahan struktural.
Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Penny Kusumastuti Lukito (kedua kiri) menyatakan hasil uji klinik tahap tiga obat kombinasi baru untuk COVID-19 dari Universitas Airlangga, TNI AD, dan Badan Intelijen Negara belum valid, Jakarta, 19 Agustus 2020. ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/foc.

7 persoalan serius dalam uji klinik calon obat COVID-19 dari riset Unair, BIN, dan TNI AD

Untuk menghindari kesalahan serupa, universitas dan pihak yang bekerja sama harus mengikuti proses ilmiah standar sehingga dapat menjamin akuntabilitas penggunaan dana publik untuk riset.
Seorang petugas polisi mendapat tes usap untuk COVID-19 di Tangerang, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/aww

Cara melawan stigma pada pandemi COVID-19: belajar dari epidemi HIV di Indonesia

Rasa takut dan malu yang berasal dari stigma dan diskriminasi terhadap pasien COVID-19 justru bisa mendorong penyebaran virus dan mencegah penanganan kesehatan yang vital
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di ruang sidang paripurna DPRD DKI Jakarta, 28 Juli 2020, setelah satu anggota DPRD dan pekerja terpapar COVID-19. ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww

Riset: separuh perkantoran tidak terapkan jaga jarak fisik untuk cegah COVID-19

Tanpa adanya intervensi dari pemerintah, komitmen dari instansi dan perusahaan, serta dukungan masyarakat, klaster perkantoran akan terus menjamur dan nyawa pekerja menjadi taruhannya.
Kerja di rumah terlalu lama karena COVID-19 mungkin membosankan. Tapi percayalah perasaan positif terhadap hidup memberi efek kesehatan yang lebih baik. KomootP/Shutterstock

Stres di tengah ‘new normal’ COVID-19 yang penuh ketidakpastian? Ini cara deteksinya

Pandemi virus vorona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Siapkah mental Anda? Bagaimana cara mengukur kesiapan mental Anda?
Karyawan melakukan aktivitas di pusat perkantoran, kawasan SCBD, Jakarta, Senin (8/6/2020). Pekan kedua masa pembatasan sosial berskala berskala besar (PSBB) transisi, Pemprov DKI Jakarta mulai memperbolehkan karyawan di perkantoran kembali bekerja dengan kapasitas karyawan hanya dibolehkan sebanyak 50 persen dari jumlah karyawan dalam satu ruangan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp. Antara Foto

Mampukah milenial sebagai “new sandwich generation” bertahan ketika pandemi?

Dengan berkurangnya pendapatan karena pandemi, generasi millenial dengan segala tanggungannya berpotensi menjadi generasi sandwich baru.
(Fun Man Fung/National University of Singapore)

Cara menciptakan kelas online yang interaktif di tengah pandemi COVID-19: pelajaran dari Singapura

COVID-19 meningkatkan intensitas belajar online, namun banyak pengajar kesulitan membuat muridnya tertarik dengan pelajaran. Tim dosen dari National University of Singapore menawarkan tiga strategi untuk mengatasi ini.
Pengunjung berjalan di kawasan Mal Margocity pada hari pertama pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

Riset ungkap PSBB efektif cegah penyebaran virus, pemerintah jangan terburu-buru terapkan ‘new normal’

Dengan jumlah kasus yang masih tinggi, pemerintah seharusnya tidak terburu-buru mengimplementasi _new normal_, terutama di wilayah dengan tingkat penyebaran virus yang masih tinggi (zona merah)
Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6/2020). Upacara secara virtual itu dilakukan karena pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Handout/wsj. Antara Foto

Memahami ekonomi politik penanganan COVID-19

Langkah-langkah buruk yang diambil pemerintah dalam menangani COVID-19 adalah cerminan dari dinamika pembagian kekuasaan dan sumber daya dalam suatu negara.

Top contributors

More