Menu Close

Articles on Asia Tenggara

Displaying all articles

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri, di Jakarta pada awal April lalu. PM Ismail Sabri mengemukakan keinginan kuatnya untuk menjadikan bahasa Melayu sebagai ‘bahasa resmi kedua’ ASEAN. (ANTARA FOTO/Laily Rachev)

Debat kusir ‘bahasa resmi kedua’ ASEAN: tidak relevan dan mengancam ribuan bahasa daerah lain di Asia Tenggara

Perdebatan mengenai bahasa mana yang layak jadi ‘bahasa resmi kedua’ ASEAN sebaiknya tidak membuat kita lupa bahwa Asia Tenggara mempunyai keanekaragaman bahasa dan budaya yang kaya.
Suasana Demonstasi di Myanmar, Februari 2021. Antara

Menjadi Ketua ASEAN 2023, Indonesia bisa bantu akhiri krisis Myanmar dan wujudkan perdamaian kawasan

Poin utamanya bukanlah pada kemampuan Indonesia sendiri, namun lebih kepada kemauan Indonesia untuk mengambil inisatif.
Kawanan kelelawar terbang keluar dari gua di dekat Phnom Sampeau, Kamboja. S. Shankar/Wikipedia, CC BY-SA

Pada 2010, virus menyerupai SARS-CoV-2 sudah ada di Kamboja

Virus kelelawar yang ditemukan satu dekade yang lalu di Kamboja mengindikasikan bahwa penjualan trenggiling tetap menjadi penjelasan yang kredibel terkait awal mula pandemi COVID-19.
Amid the COVID-19 pandemic, Southeast Asian governments not only have to deal with the virus but also with the false information surrounding it. Di tengah pandemi COVID-19, pemerintah-pemerintah di Asia Tenggara tidak hanya harus menghadapi virus, tapi juga dengan informasi palsu yang berada di sekitarnya.

Tiga tantangan pengecekan fakta di Asia Tenggara

Jumlah pengecek fakta di Asia Tenggara terbatas; pengecekan fakta menjadi tantangan yang sulit untuk ditangani,
Sejumlah kapal perang bersandar di Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim), Ujung, Surabaya, Jawa Timur. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/kye/18

Alasan Cina pertimbangkan Indonesia sebagai pangkalan militernya dan respons Indonesia menolak rencana tersebut sudah tepat

Sebuah laporan dari Amerika Serikat menunjukkan bahwa Cina mempertimbangkan Indonesia sebagai lokasi untuk membangun pangkalan militernya di Asia.
Genetika manusia Indonesia adalah hasil pencampuran genetika nenek moyang keturunan manusia modern (Homo sapiens) www.shutterstock.com

Dari mana manusia Indonesia berasal?

Genetika manusia Indonesia adalah percampuran dari berbagai kelompok manusia. Penelitian kami menunjukkan adanya pembauran.

Top contributors

More