Menu Close

Articles on Malaysia

Displaying 1 - 20 of 37 articles

Spesimen pertama Bipalium admarginatum ditemukan oleh George Verdon di hutan sebuah pulau tropis. George Verdon

Terakhir terlihat 90 tahun lalu, spesies cacing aneh ditemukan merayap di Malaysia

Spesies ini belum tercatat sejak pertama kali dijelaskan pada 1933 oleh de Beauchamp, di sebuah pulau tidak jauh dari George melihatnya.
Gedung Community Learning Center (CLC) di Tawau, Sabah. Dokumentasi tim Riset Migrasi Pusat Riset Politik BRIN, 2023

Mengapa diplomasi pendidikan untuk anak pekerja migran Indonesia di Malaysia penting?

Keseriusan diplomasi pendidikan antara Indonesia dan Malaysia diperlukan untuk memastikan keberlanjutan dan optimalisasi upaya pemenuhan akses pendidikan anak pekerja migran Indonesia.
Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim (kiri) bersama ribuan warga Indonesia saat melakukan blusukan di Pasar Chow Kit, Kuala Lumpur, Malaysia. Rafiuddin Abdul Rahman/Antara Foto

Sulitnya akses pendidikan anak pekerja migran di Malaysia, apa kendalanya?

Akses pendidikan bagi anak-anak pekerja migran Indonesia di Malaysia tampaknya belum menjadi salah satu fokus utama dalam nota kesepahaman Indonesia-Malaysia.
Pekerja konstruksi mengerjakan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung di Stasiun Halim, Jakarta Timur. Galih Pradipta/Antara Foto

Alasan mengapa Indonesia harus menolak permintaan Cina menjadikan APBN sebagai jaminan utang Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Menggunakan anggaran negara sebagai jaminan adalah langkah yang terlalu berisiko ketika berurusan dengan Beijing.
Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Perdana Menteri (PM) Malaysia Ismail Sabri, di Jakarta pada awal April lalu. PM Ismail Sabri mengemukakan keinginan kuatnya untuk menjadikan bahasa Melayu sebagai ‘bahasa resmi kedua’ ASEAN. (ANTARA FOTO/Laily Rachev)

Debat kusir ‘bahasa resmi kedua’ ASEAN: tidak relevan dan mengancam ribuan bahasa daerah lain di Asia Tenggara

Perdebatan mengenai bahasa mana yang layak jadi ‘bahasa resmi kedua’ ASEAN sebaiknya tidak membuat kita lupa bahwa Asia Tenggara mempunyai keanekaragaman bahasa dan budaya yang kaya.
Warga lokal bertindak cepat membantu pengungsi Rohingya yang terkatung-katung di laut di lepas pantai Lhoksukon di Aceh. Rahmad/Antara Foto

Ditolak di berbagai tempat, mengapa pengungsi Rohingya diterima dengan tangan terbuka di Aceh

Solidaritas sesama Muslim, hukum adat, dan pengalaman konflik dan bantuan asing dapat menjelaskan mengapa orang Aceh sangat terbuka pada orang yang kesulitan.

Top contributors

More