Menu Close

Articles on Infrastruktur

Displaying all articles

Sebuah rangkaian kereta mengangkut para penglaju di Mumbai, India, pada 2009. Meskipun telah terjadi langkah-langkah perbaikan dan modernisasi, kereta api masih jadi metafora India kontemporer. ShutterCo/shutterstock

Kereta sesak dengan penumpang jadi metafora India di mata Barat – namun ini adalah sisa kolonialisme dan kapitalisme

Kecelakaan mematikan di India yang merenggut nyawa sekitar 300 orang telah memfokuskan kembali perhatian internasional pada pentingnya perkeretaapian di negara tersebut.
Suasana pembangunan jalur kereta Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta Fase 2 di lihat dari ketinggian di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (25/8/2022). Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan anggaran pembangunan MRT Jakarta Fase 2 mengalami pembengkakan biaya dari Rp22,5 triliun menjadi Rp26 triliun karena kompleksitas kontruksi dan kondisi lahan yang tidak stabil di jalur dari Bundaran HI ke Kota Tua. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.

Biaya MRT dan Kereta Cepat melambung, pakar beberkan penyebab dan dampak pembengkakan budget infrastruktur

Ambisi pemerintah untuk membangun infrastruktur berujung pada pembengkakan biaya. Hal ini bisa membuat APBN terseok dan menggeret Indonesia ke jebakan utang.
Jembatan Tol Madura dibangun untuk menghubungkan zona industri antara Surabaya dan Madura. Namun pengembangan zona industri di kedua ujung jembatan belum terealisasi. www.shutterstock.com

Presiden terpilih perlu waspada risiko skema utang Inisiatif Sabuk dan Jalan milik Cina

Sebelum menandatangani perjanjian investasi baru dengan Cina, Indonesia harus memastikan bahwa infrastruktur fisik baru yang dibiayai menggunakan hutang tidak akan sia-sia.
Banyak kota di dunia bergelut dengan masalah urbanisasi, di sisi lain ada beberapa kota yang penduduknya justru menyusut. Shutterstock

Banyak kota di dunia ‘menyusut’ dan menghadapi masalah yang sungguh-sungguh baru

Masalah urbanisasi masih jadi perhatian banyak negara, tapi yang sebaliknya sudah dialami kota lainya: deurbanisasi. Bagaimana kota-kota yang ditinggalkan penduduknya mengelola dirinya yang menyusut?
Penggusuran di Kampung Akuarium, Jakarta Utara, April 2016. Proses pengadaan lahan di Indonesia kerap membuat warga terdampak kehilangan nafkah dan terpinggirkan. Beawiharta/Reuters

Indonesia harus membuat pengadaan tanah lebih transparan dan partisipatif

Pemerintah menargetkan banyak proyek pembangunan infrastruktur. Namun warga yang direlokasi demi pembangunan proyek-proyek ini tidak memiliki banyak daya memastikan penghidupan mereka di masa depan.

Top contributors

More