Menu Close

Articles on obat-obatan

Displaying 1 - 20 of 29 articles

Ilustrasi yang menggambarkan bakteri di sebelah kanan resisten terhadap sebagian besar antibiotik. Wikipedia

Keampuhan antibiotik menurun, lima langkahmu bisa mencegahnya

Antibiotik berbeda dengan obat lainnya seperti obat penyakit kronis atau gejala penyakit ringan pada umumnya yang bekerja dengan memodifikasi proses fisiologis di dalam tubuh.
Selain obat tidur, ada beberapa pilihan non-obat yang efektif untuk mengobati insomnia. Alyssa L. Miller

Beberapa alasan mengapa obat tidur harus dihindari

Menurut sejumlah studi, obat tidur (hipnotik) berbahaya jika digunakan dalam jangka panjang. Bahkan, obat ini dapat mengakibatkan kematian dini. Tapi ada kritik pada riset-riset itu.
Banyak orang antre untuk pengobatan tradisional Ida Dayak di Markas Kostrad Cilodong, Depok, Jawa Barat, 3 April 2023. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/rwa.

Pengobatan alternatif dan klaim kesembuhan penyandang disabilitas: mispersepsi yang perlu diluruskan

Kita semua bertanggung jawab untuk terus mengawal pemenuhan hak-hak kesehatan yang inklusif. Kita harus mengakhiri mispersepsi dan stigma terkait penyandang disabilitas.
Meski upaya baru-baru ini untuk mempertahankan praktik penyembuhan tradisional di Cina, pengobatan modern menggantikan pengobatan tradisional di sana. Jean-François Chénier

Apakah pengobatan Cina tradisional memiliki tempat dalam sistem kesehatan?

Hanya ada satu obat dan kata sifat seperti tradisional dan “Barat” tidak relevan. Sebaliknya, ilmu kedokteran adalah tentang kemanjuran dan keamanan, dibuktikan melalui penelitian ilmiah.
Fomepizole seharusnya tersedia lebih banyak di Indonesia karena obat penting untuk menangkal keracunan obat dan lainnya. Kemenkes

Fomepizol, sejauh mana khasiatnya mengatasi keracunan etilen glikol?

Salah satu masalah dari impor fomepizol adalah harga obat tersebut mahal, sekitar Rp 16 juta per wadah steril dalam volume 1,5 mL.
Petugas gabungan Balai Pengawas Obat dan Makanan dan Kepolisian memeriksa obat sirup di sebuah apotek di Cipocok, Kota Serang, Banten, 25 Oktober 2022. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/h

Kasus obat sirup beracun: apa kewajiban industri farmasi dalam produksi obat aman dan bagaimana praktiknya?

Penarikan obat merupakan salah satu cara industri farmasi untuk menjaga kualitas produk dan pengendalian resiko dengan menarik produk yang bermasalah dari pasaran.
Petugas apotek mengumpulkan berbagai jenis merek obat sirup yang dilarang dijual untuk sementara waktu di Kendari, Sulawesi Tenggara, 20 Oktober 2022. ANTARA FOTO/Jojon/rwa.

Kontaminasi etilen glikol dan dietilen glikol dalam obat sirup akibatkan gagal ginjal akut? Empat hal yang perlu Anda ketahui

Otoritas kesehatan dan obat-obatan Indonesia harus segera menemukan bukti ilmiah soal ada atau tidaknya hubungan antara gagal ginjal akut pada ratusan anak-anak dan obat sirup yang mereka minum.

Top contributors

More