Menú Close

Artículos sobre rumah sakit

Mostrando todos artículos

Petugas kesehatan mempersiapkan alat medis di ruangan ICU Khusus COVID-19 di RSUD dr Pirngadi Medan, Kota Medan, Sumatera Utara, 3 September 2021. ANTARA FOTO/Fransisco Carolio/Lmo/aww.

Sarjana gunakan layanan dokter spesialis 10 kali lebih banyak dibanding yang tak lulus SD

Program layanan kesehatan preventif yang sudah dijalankan pada saat ini masih belum efektif dan kurang mendapatkan prioritas sehingga kenjangan terus terjadi.
Petugas kesehatan membawa pasien ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Bandung, 1 Juli 2021. Agka keterisian ruang isolasi atau Bed Occupancy Rate (BOR) di sana lebih dari 90 persen. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj

COVID-19 Indonesia pecahkan rekor: masyarakat menjadi kunci agar rumah sakit tidak ambruk

Upaya yang lebih penting yang harus kita lakukan adalah pencegahan di tingkat masyarakat. Karena garda terdepan pencegahan justru masyarakat, baik sebelum atau setelah sakit COVID.
Seorang doktor berdiri di Ruang pasien di Rumah Sakit Pertamina Jaya, Cempaka Putin, Jakarta. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Kesenjangan fasilitas dan layanan antar rumah sakit di Indonesia meningkatkan risiko COVID-19 di kalangan tenaga kesehatan

Perbedaan yang signifikan dalam kuantitas dan kualitas fasilitas dan layanan rumah sakit untuk perawatan COVID-19 telah berkontribusi pada peningkatan risiko bagi pekerja medis.
Pekerja menyiapkan tempat isolasi pasien COVID-19 di Gedung Balai Latihan Kesenian Jakarta Pusat, 23 Januari 2021, seiring melonjaknya kasus positif COVID-19 di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww

Ruang isolasi COVID-19 di rumah sakit terisi lebih 85 persen, begini 3 dampak bahayanya

Ketika angka keterisian tempat tidur rumah sakit telah di atas 85%, maka operasional dan kualitas layanan rumah sakit akan terganggu.
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, 26 Januari 2021. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj

Kasus COVID-19 tembus 1 juta, penderita makin sulit akses rumah sakit: pemerintah harus kelola call center terpusat

Dari segi aturan, sebenarnya kita telah memiliki sebuah instrumen kebijakan untuk mengatasi permasalahan ini yakni Permenkes No. 19 Tahun 2016 tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.
Petugas memeriksa ambulans yang tiba di kawasan Rumah Sakit Darurat Penanganan COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, di Jakarta, 10 September 2020. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww

Rumah sakit rujukan COVID-19 Jakarta hampir penuh: ini 3 strategi cegah fasilitas kesehatan lumpuh

Di tengah laju virus yang makin cepat dan penyebaran yang makin luas, kita butuh data yang akurat, kebijakan dan kepemimpinan yang mampu menjawab dampak wabah ini berdasarkan pertimbangan sains.
Seorang tenaga kesehatan menggunakan alat pelindung diri lengkap saat jam pertukaran piket di rumah sakit rujukan Covid-19 RSUD Kabupaten Tangerang, Banten, 13 Juli 2020. ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.

4 gelombang besar pandemi Covid-19 menghantam sistem pelayanan kesehatan

Strategi utama adalah segera menekan pertumbuhan kasus baru Covid-19 di masyarakat agar rumah sakit tidak kewalahan menampung pasien.
Kelangkaan alat pelindung diri memaksa petugas kesehatan pakai pelindung wajah dari plastik dan jas hujan untuk hindari penularan virus corona saat menunggu pasien di ruang IGD di rumah sakit rujukan COVID-19 di Banda Aceh, 18 April 2020. EPA/HOTLI SIMANJUNTAK/EPA-

Mengapa rumah sakit kewalahan hadapi pandemi COVID-19 dan apa dampaknya bagi keselamatan pasien

Dengan pengendalian infeksi di tingkat rumah sakit dan pemberian pelayanan yang efektif akan lebih terkontrol pada akhirnya akan meningkatkan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan.

Principales colaboradores

Más