Menú Close

Artículos sobre pandemi

Mostrando 1 - 20 de 69 artículos

Petugas kesehatan dan penggali kuburan memakamkan jenazah dengan protokol kesehatan COVID-19, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Tengku Mahmud Palas, Kota Pekanbaru, Riau, 4 September 2020. ANTARA FOTO/FB Anggoro/hp.

Riset: tokoh agama bisa berperan dalam cegah tindakan ambil paksa jenazah pasien COVID, ini caranya

Selain mengedukasi masyarakat, Dinas Kesehatan harus juga mengedukasi ulama terlebih dulu tentang prosedur pemulasaraan jenazah yang terpapar COVID-19.
Sigid Kurniawan/Antara Foto

Anies vs Jokowi? Risma vs Khofifah? Bagaimana pandemi memperburuk gesekan politik yang sudah ada

Pandemi bisa memperparah gesekan dan tegangan di antar wilayah - terutama ketika perbedaan politik dan konflik sudah ada sebelumnya.
Pedagang kecil tetap harus bekerja di luar rumah semasa wabah COVID-19 karena pendapatan mereka tidak cukup untuk bertahan hidup, Jakarta, 16 September 2020. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

Bias kelas dalam diskursus pemerintah soal COVID-19

Cara pandang menyalahkan individu atau kelas sosial di Indonesia terus dipakai oleh elit penguasa sejak zaman kolonial hingga kini untuk membenarkan praktik peminggiran yang mereka lakukan.
Melalui Kepmendikbud yang baru diterbitkan, Menteri Pendidikan Nadiem Makarim memberikan kebebasan bagi institusi pendidikan untuk memilih satu di antara tiga pilihan kurikulum selama pandemi. (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Sekolah perlu terapkan kurikulum mandiri saat pandemi - bukan “kurikulum darurat” anjuran Mendikbud Nadiem

Salah satu skema 'kurikulum darurat' anjuran Nadiem - yakni mengurangi Kompetensi Dasar dalam kurikulum - masih bias kelas. Penyederhanaan kurikulum secara mandiri oleh sekolah adalah pilihan terbaik.
Perajin menyelesaikan pembuatan batik di industri rumahan di Rusun Marunda, Jakarta, Selasa (14/7/2020). Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) menargetkan 4,8 juta UMKM mendapatkan dana stimulus Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dengan dana yang telah dialokasikan sebesar Rp1 triliun. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/hp. Antara Foto

UMKM Indonesia tahan banting pada krisis 1998 dan 2008, tapi tidak saat pandemi

Pembatasan kegiatan dan mobilitas orang membuat pandemi COVID-19 lebih berat bagi UMKM dibandingkan krisis 1998 dan 2008.

Principales colaboradores

Más