Menu Close

Universitas Hasanuddin

Universitas Hasanuddin yang bertempat di Makassar, Sulawesi Selatan diresmikan pada 10 September 1956. Sebuah cabang Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia di Makassar yang didirikan tahun 1947 merupakan cikal bakal Universitas Hasanuddin. Universitas Hasanuddin memiliki visi menjadi pusat unggulan dalam pengembangan insani, ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya berbasis benua maritim Indonesia.

Links

Displaying 1 - 20 of 44 articles

Warga memadati Pekan Raya Jakarta di tengah naiknya kasus baru COVID-19. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa.

Kesehatan atau ekonomi dulu? Mencari keputusan terbaik dalam menghadapi pandemi

Penelitian menunjukkan bahwa dalam penanganan pandemi, Pemerintah Indonesia dapat mempertimbangkan berbagai pilihan kebijakan untuk menyelamatkan ekonomi tanpa mengorbankan nyawa orang banyak.
Mural protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19. Arif Firmansyah/Antara Foto

Riset: Warga Jakarta lebih percaya pemerintah dibanding warga di Sulawesi selama COVID-19, hal ini pengaruhi pelaksanaan protokol kesehatan

Rendahnya kepercayaan warga Sulawesi Selatan kepada pemerintah menjelaskan mengapa masyarakat di sana tidak melakukan banyak upaya untuk mematuhi protokół kesehatan.
A mural of health protocol against COVID-19 spread in Indonesia. Arif Firmansyah/Antara Foto

Jakartans trust the government more compared to people in South Sulawesi, and that influenced COVID-19 prevention compliance

South Sulawesi residents’ low trust in government explains why people there did not take much efforts to protect themselves, despite feelings that they were at risk from COVID-19.
Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC) Wisma Atlet, Kemayoran, di Jakarta, 28 Februari 2022, menjadi tempat perawatan pasien terinfeksi virus corona selama pandemi. ANTARA FOTO/Galih Pradipta/hp

Pandemi memasuki tahun ketiga: mengapa layanan telemedicine harus mulai diperkuat

Pandemi COVID-19 telah membawa perubahan besar pada berbagai kehidupan manusia termasuk cara kita berinteraksi, bersosialisasi, bekerja termasuk dalam mengakses pelayanan kesehatan.
People with disability in Surabaya, East Java get in line to get COVID-19 vaccines. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.

New research highlights how people with disability in South Sulawesi survived the pandemic

Our latest research shows that women and men with a disability in South Sulawesi use dynamic and creative strategies to help overcome inequalities during the pandemic.
Penyandang disabilitas di Surabaya, Jawa Timur sedang antre untuk mendapatkan vaksin COVID-19. ANTARA FOTO/Didik Suhartono/rwa.

Strategi penyandang disabilitas di Sulawesi Selatan berjuang melawan pandemi

Riset terbaru kami menunjukkan bahwa kelompok penyandang disabilitas di Sulawesi Selatan memiliki beberapa strategi untuk membantu mereka berjuang selama pandemi.
Warga menggunakan aplikasi PeduliLindungi untuk pelacakan COVID-19 di kawasan Bundaran HI, Jakarta, 1 Agustus 2021. Aplikasi ini mengumpulkan data dari para penggunanya. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/rwa.

Mengapa data kesehatan di Indonesia mudah bocor, dampaknya bahayakan pasien

Namun yang menjadi persoalan adalah banyak masyarakat justru tidak mempelajari atau memahami kebijakan kerahasiaan, termasuk bagian syarat dan kondisi yang berhubungan dengan penggunaan data pribadi.
Stone arrowheads (Maros points) and other flaked stone implements from the Toalean culture of South Sulawesi. Shahna Britton/Andrew Thomson

Who were the Toaleans? Ancient woman’s DNA provides first evidence for the origin of a mysterious lost culture

The first ancient human DNA from the Indonesian island of Sulawesi — and the wider Wallacea islands group — sheds light on the early human history of the region.
Petugas kesehatan membawa pasien ke Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit Umum Daerah Bandung, 1 Juli 2021. Agka keterisian ruang isolasi atau Bed Occupancy Rate (BOR) di sana lebih dari 90 persen. ANTARA FOTO/Novrian Arbi/wsj

COVID-19 Indonesia pecahkan rekor: masyarakat menjadi kunci agar rumah sakit tidak ambruk

Upaya yang lebih penting yang harus kita lakukan adalah pencegahan di tingkat masyarakat. Karena garda terdepan pencegahan justru masyarakat, baik sebelum atau setelah sakit COVID.
Peziarah berdoa di depan makam keluarganya di pemakaman khusus dengan protokol COVID-19 di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur, 2 Maret 2021. Pemakaman ini telah penuh terisi 1.050 jenazah yang meninggal akibat COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Setahun pandemi: ini 5 riset COVID-19 penting di Indonesia, agar kita tak terperosok berulang kali

Dari lima riset itu, cukup jelas bahwa bukti-bukti ilmiah lebih dari cukup untuk menyusun kebijakan yang efektif mengendalikan pandemi dan mengurangi dampaknya.
Pekerja menyiapkan tempat isolasi pasien COVID-19 di Gedung Balai Latihan Kesenian Jakarta Pusat, 23 Januari 2021, seiring melonjaknya kasus positif COVID-19 di Ibu Kota. ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/aww

Ruang isolasi COVID-19 di rumah sakit terisi lebih 85 persen, begini 3 dampak bahayanya

Ketika angka keterisian tempat tidur rumah sakit telah di atas 85%, maka operasional dan kualitas layanan rumah sakit akan terganggu.
Sejumlah tenaga kesehatan berjalan menuju ruang perawatan pasien COVID-19 di Rumah Sakit Darurat (RSD) COVID-19, Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, 26 Januari 2021. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj

Kasus COVID-19 tembus 1 juta, penderita makin sulit akses rumah sakit: pemerintah harus kelola call center terpusat

Dari segi aturan, sebenarnya kita telah memiliki sebuah instrumen kebijakan untuk mengatasi permasalahan ini yakni Permenkes No. 19 Tahun 2016 tentang sistem penanggulangan gawat darurat terpadu.

Authors

More Authors