Menu Close

Articles on jurnalisme

Displaying 1 - 20 of 26 articles

Aktivis Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta menggambar mural saat menggelar aksi solidaritas di depan Kejaksaan Agung, Jakarta untuk jurnalis Tempo Nurhadi yang menjadi korban kekerasan, 1 Desember 2021. Jurnalis perempuan juga kerap jadi korban kekerasan. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/foc

Hampir 90% jurnalis perempuan Indonesia pernah mengalami kekerasan, mengapa begitu masif?

Kita perlu mendorong pemerintah segera membuat protokol tertulis tentang perlindungan jurnalis perempuan sebagai bagian dari Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).
(Unsplash/Roman Kraft)

Di balik banyak berita bombastis, bisa jadi ada klaim ilmiah yang meragukan – apa yang perlu kita waspadai saat membaca berita?

Di balik berbagai berbagai berita seringkali ada temuan riset yang meragukan, dilebih-lebihkan, atau disalahartikan. Apa yang harus pembaca waspadai ketika membaca berita yang mengandung klaim ilmiah?
Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Komite Perjuangan Perempuan (KPP) Yogyakarta melakukan aksi di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww/16.

Bagaimana jurnalis perempuan memperjuangkan kesetaraan gender: antara jurnalisme dan advokasi

Penelitian dua tahun kami menunjukkan bagaimana penulis dan jurnalis perempuan menggunakan platform daring untuk terlibat dalam aktivisme gender, dan bagaimana cara mereka menghadapi tantangan dan kesempatan yang ada melalui media digital.
Jurnalis foto sedang bertugas meliput ajang Asian Games 2018 di Jakarta. www.shutterstock.com

Menakar dampak RUU Cipta Kerja pada industri pers Indonesia

Pengesahan Rancangan Undang-Undang Cipta Kerja akan membawa tiga dampak pada dunia pers Indonesia : kepemilikan modal asing, kekerasan terhadap jurnalis dan kebebasan pers.
Maria Ressa (tengah), CEO dan Editor Eksekutif situs berita online Rappler dan Presiden Rappler Holdings Corporation, menampilkan perintah pembebasannya setelah memberikan jaminan pada kasus pencemaran nama baik di dunia maya di pengadilan lokal di Manila, Filipina, 14 Februari 2019. Alecs Ongcal/EPA

Serangan terhadap kebebasan pers: Mengapa penahanan Maria Ressa penting bagi kita semua

Kasus Maria Ressa penting karena pemerintah semakin menggunakan “aturan hukum” untuk membungkam karya jurnalis yang sah.

Top contributors

More