Menu Close

Articles on Ekonomi

Displaying 1 - 20 of 82 articles

El Salvador kemungkinan akan menjadi negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Momentum Fotograh/Shutterstock

Mengapa El Salvador mengadopsi bitcoin menjadi alat pembayaran yang sah

El Salvador telah menjadi negara pertama yang mengadopsi bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah. Ini adalah ide yang mulia, tetapi tidak dapat dijalankan dalam jangka panjang.
Bank Indonesia (BI) meluncurkan sistem QR Code Indonesian Standard (QRIS) untuk memudahkan pembayaran melalui aplikasi uang elektronik dan telah berlaku secara nasional efektif 1 Januari 2020. (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Riset: meningkatnya transaksi dengan uang elektronik dapat tekan laju inflasi dan bantu ekonomi negara

Penelitian yang saya lakukan menemukan bahwa peningkatan transaksi menggunakan uang elektronik ternyata berkontribusi terhadap melambatnya laju inflasi dan membantu perekonomian negara.
Sejumlah warga menunggu kedatangan Bus Transjakarta di Halte Gelora Bung Karno, Jakarta, Rabu (14/10/2020). International Monetary Fund (IMF) memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia 2020 menjadi minus 1,5% pada Oktober, lebih rendah dari proyeksi sebelumnya pada Juni sebesar minus 0,3%. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc. Antara Foto

Peneliti: target pertumbuhan ekonomi 5% tahun depan sulit tercapai

Jika pandemi COVID-19 tidak terkendali dan penyaluran bantuan lambat maka sulit untuk mencapai target pertumbuhan 5% di tahun depan.
Konsep ekonomi sirkular bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru dan mengatasi persoalan sampah di Indonesia. pixabay

Ekonomi sirkular saat pandemi : menciptakan lapangan kerja dan mengurangi sampah

Sistem ekonomi konvensional harus bisa beralih kepada ekonomi sirkular yang bisa ciptakan pekerjaan, kurangi biaya bahan baku dan selamatkan lingkungan.
Menteri Keuangan Sri Mulyani (kedua kiri) memberikan dokumen tanggapan pemerintah kepada Ketua DPR Puan Maharani (kanan) yang disaksikan Wakil Ketua DPR Aziz Syamsuddin (kedua kanan) dan Rachmad Gobel (kiri) pada rapat paripurna DPR di kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (18/6/2020). Rapat tersebut beragendakan mendengarkan tanggapan pemerintah terhadap pandangan Fraksi atas Kerangka Ekonomi Makro (KEM) dan Pokok-Pokok Kebijakan Fiskal (PPKF) RAPBN TA 2021. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/aww. Antara Foto

Untuk hindari krisis fiskal, pemerintah harus hati-hati kelola hutang COVID-19

Hutang pemerintah akibat COVID-19 yang menggunung berpotensi membuat masalah dalam jangka menengah dan panjang.

Top contributors

More