Menu Close

Articles on Gender

Displaying 1 - 20 of 46 articles

Unjuk rasa di depan gedung DPRD Jawa Barat, Bandung, Jawa Barat pada Juli 2020. Novrian Arbi/Antara Foto

Riset ungkap pemangku kepentingan dan publik mendukung pencegahan kekerasan seksual

Pemangku kepentingan dan masyarakat mendukung UU yang mengatur pencegahan kekerasan seksual. Namun sebagian besar masyarakat tidak tahu adanya RUU Penghapusan Kekerasan Seksual yang sedang dibahas.
Hubungan asmara adalah topik studi yang semakin populer di dunia akademik karena mengeksplorasi banyak isu, mulai dari bagaimana teknologi mengubah hubungan hingga maskulinitas yang digambarkan di dalam buku dan film. Summit Entertainment, Temple Hill Entertainment, Maverick Films.

Memahami asmara secara akademik: mengapa jiwa ilmiah selalu berdebar untuk Kajian Cinta

Kajian Cinta, bidang ilmiah yang relatif baru, membahas banyak topik dari novel romansa populer hingga masalah persetujuan dan hubungan konsensual di kamar tidur.
Pengunjuk rasa yang tergabung dalam Komite Perjuangan Perempuan (KPP) Yogyakarta melakukan aksi di kawasan Tugu Pal Putih, Yogyakarta. ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah/aww/16.

Bagaimana jurnalis perempuan memperjuangkan kesetaraan gender: antara jurnalisme dan advokasi

Penelitian dua tahun kami menunjukkan bagaimana penulis dan jurnalis perempuan menggunakan platform daring untuk terlibat dalam aktivisme gender, dan bagaimana cara mereka menghadapi tantangan dan kesempatan yang ada melalui media digital.
Seorang pegawai perempuan mengenakan masker saat bekerja di Dinas Informasi Komunikasi dan Statistik Riau di Kota Pekanbaru. ANTARA FOTO/FB Anggoro/foc

Riset: kantor yang maskulin menambah beban pekerja perempuan kantoran di masa pandemi

Perempuan pekerja kantoran menghadapi beban mental yang cukup berat selama pandemi. Kondisi kerja yang ramah perempuan masih menjadi hal yang mahal buat kebanyakan pekerja.
Dengan menghilangkan bahasa yang seksis maka kita berpeluang menghapuskan tindakan-tindakan diskriminatif pada perempuan. www.shutterstock.com

Ada seksisme dalam bahasa Indonesia, bagaimana kita harus menanganinya?

Bahasa Indonesia menyimpan seksisme dalam bentuk kata, asosiasi, dan wacana. Mengikuti langkah Oxford Dictionary, kita bisa menempuh sejumlah cara agar seksisme bisa dihilangkan dari bahasa Indonesia.

Top contributors

More