Articles on Pandemi COVID-19

Displaying 1 - 20 of 51 articles

Kerja di rumah terlalu lama karena COVID-19 mungkin membosankan. Tapi percayalah perasaan positif terhadap hidup memberi efek kesehatan yang lebih baik. KomootP/Shutterstock

Stres di tengah ‘new normal’ COVID-19 yang penuh ketidakpastian? Ini cara deteksinya

Pandemi virus vorona tidak hanya mengancam kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental. Siapkah mental Anda? Bagaimana cara mengukur kesiapan mental Anda?
Karyawan melakukan aktivitas di pusat perkantoran, kawasan SCBD, Jakarta, Senin (8/6/2020). Pekan kedua masa pembatasan sosial berskala berskala besar (PSBB) transisi, Pemprov DKI Jakarta mulai memperbolehkan karyawan di perkantoran kembali bekerja dengan kapasitas karyawan hanya dibolehkan sebanyak 50 persen dari jumlah karyawan dalam satu ruangan. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/hp. Antara Foto

Mampukah milenial sebagai “new sandwich generation” bertahan ketika pandemi?

Dengan berkurangnya pendapatan karena pandemi, generasi millenial dengan segala tanggungannya berpotensi menjadi generasi sandwich baru.
(Fun Man Fung/National University of Singapore)

Cara menciptakan kelas online yang interaktif di tengah pandemi COVID-19: pelajaran dari Singapura

COVID-19 meningkatkan intensitas belajar online, namun banyak pengajar kesulitan membuat muridnya tertarik dengan pelajaran. Tim dosen dari National University of Singapore menawarkan tiga strategi untuk mengatasi ini.
Pengunjung berjalan di kawasan Mal Margocity pada hari pertama pembukaan kembali pusat perbelanjaan di Depok, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

Meski riset ungkap PSBB efektif cegah penyebaran virus, pemerintah jangan terburu-buru terapkan ‘new normal’

Dengan jumlah kasus yang masih tinggi, pemerintah seharusnya tidak terburu-buru mengimplementasi _new normal_, terutama di wilayah dengan tingkat penyebaran virus yang masih tinggi (zona merah)
Presiden Joko Widodo memimpin upacara peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (1/6/2020). Upacara secara virtual itu dilakukan karena pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/BPMI Setpres/Handout/wsj. Antara Foto

Memahami ekonomi politik penanganan COVID-19

Langkah-langkah buruk yang diambil pemerintah dalam menangani COVID-19 adalah cerminan dari dinamika pembagian kekuasaan dan sumber daya dalam suatu negara.
Dua orang pekerja supermarket memakai pelindung muka (faceshield) di Medan, Sumatra Barat. Dedi Sinuhaji/EPA

Inovasi desain dalam pandemi COVID-19

Beberapa inovasi yang dilakukan oleh beberapa desainer dalam menghadapi pandemi COVID-19.
Petugas pemakaman terlihat sedang berjalan di komplek pemakaman Pondok Ranggon di Jakarta Timur. Risa Krisadhi/Pacific Press/Sipa USA

Mengapa Indonesia harus berhenti prioritaskan ekonomi saat pandemi COVID-19: belajar dari negara lain

Indonesia harus belajar dari negara-negara yang telah berhasil menanggulangi virus COVID-19 dengan cara menyikapi pandemi ini secara serius dan menjadikan sektor kesehatan sebagai prioritas.
Aparat pemerintah memperingatkan penduduk yang mengabaikan perintah jaga jarak skala besar, mereka masih berkumpul di area pasar di Jakarta, pada masa wabah virus corona. Edwin Dala/INA Photo Agency/Sipa USA/AAP

Indonesia belum punya kurva epidemi COVID-19: kita harus hati-hati membaca klaim pemerintah kasus baru melambat

Pemerintah perlu secara terbuka dan transparan menyampaikan data jumlah pemeriksaan PCR dan lamanya waktu pemeriksaan untuk setiap provinsi dan kabupaten/kota untuk membuat kurva epidemi.
Kelangkaan alat pelindung diri memaksa petugas kesehatan pakai pelindung wajah dari plastik dan jas hujan untuk hindari penularan virus corona saat menunggu pasien di ruang IGD di rumah sakit rujukan COVID-19 di Banda Aceh, 18 April 2020. EPA/HOTLI SIMANJUNTAK/EPA-

Mengapa rumah sakit kewalahan hadapi pandemi COVID-19 dan apa dampaknya bagi keselamatan pasien

Dengan pengendalian infeksi di tingkat rumah sakit dan pemberian pelayanan yang efektif akan lebih terkontrol pada akhirnya akan meningkatkan keselamatan pasien dan tenaga kesehatan.

Top contributors

More