Menu Close

Articles on dinasti politik

Displaying all articles

Calon presiden Prabowo Subianto berjoget saat hadir dalam acara pemantauan hasil hitung cepat di Istora Senayan, Jakarta, Rabu, 14 Februari 2024. Galih Pradipta/Antara Foto

Jalan panjang Prabowo menuju kekuasaan: dari citra pelanggar HAM hingga jadi anak emas Jokowi

Tingginya dukungan publik yang diterima Prabowo merupakan efek dari sosok Jokowi di belakangnya. Namun, kemenangannya tidak lantas membuat sosoknya lepas dari bayang-bayang pelanggaran HAM.
Gibran Rakabuming Raka, President Joko “Jokowi” Widodo’s oldest son (right)

Bagaimana dakwah politik Muslim mendukung dinasti politik di Indonesia

Penerimaan publik terhadap dinasti politik, terutama di kalangan Muslim, didorong oleh para pengkhotbah Islam dan keyakinan mereka tentang apa yang membentuk seorang pemimpin yang baik.
Presiden Joko “Jokowi” Widodo (tengah) berjalan kaki di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Minggu 4 Februari 2024. Hafidz Mubarak A/Antara Foto

Mempertanyakan kembali netralitas Jokowi dalam Pemilu 2024

Pernyataan Jokowi tentang Presiden boleh berkampanye jelas menimbulkan polemik publik, membuat masyarakat bertanya-tanya kapasitas Jokowi sebagai presiden dan kepala negara.
Simpatisan mengacungkan dua jari dengan latar belakang gambar calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka di Desa Gilirejo Baru, Sragen, Jawa Tengah, Senin 1 Januari 2024. Mohammad Ayudha/Antara Foto

Dinasti politik hari ini: upaya yang bisa dilakukan untuk memutus rantainya

Dinasti politik seharusnya menjadi hal yang patut diberi perhatian khusus. Butuh upaya untuk memutus rantai dinasti yang dapat mengikat kebebasan kita nantinya.
Aksi tolak politik dinasti di Makassar, Sulawesi Selatan. Hasrul Said/Antara Foto

Jokowisme, Trumpisme, dan dinasti politik: bagaimana fenomena pendangkalan demokrasi kian mendunia

Praktik demokrasi di dunia tengah menghadapi tantangan yang meningkat dengan adanya dinasti politik dan demagogi. KIta patut mempertanyakan kembali definisi demokrasi itu sendiri.

Top contributors

More