Menu Close

Articles on Perikanan

Displaying all articles

Pemukiman suku Bajo, Torosiaje, Kabupaten Pohuwato, Gorontalo, yang berada di atas laut mulai dikunjungi wisatawan setelah sepi akibat pandemi COVID-19. ANTARA FOTO/Adiwinata Solihin/aww.

75 tahun merdeka, Indonesia masih punya banyak potensi kembangkan sektor kelautan dan perikanan

Selama 75 tahun Indonesia merdeka, sektor kelautan sudah mendapatkan perhatian. Meski demikian, banyak PR di masa depan untuk pengembangan ekonomi Indonesia (_blue economy_).
Data BPS menunjukkan adanya penurunan jumlah rumah tangga perikanan tangkap secara drastis dari 2 juta di tahun 2000 menjadi 966 ribu di tahun 2016. (Shutterstock)

Nelayan memang miskin, tapi riset buktikan mereka tetap bahagia

Nelayan tradisional adalah salah satu pekerjaan paling rentan secara ekonomi. Namun, penelitian saya menunjukkan bahwa beberapa kategori nelayan justru lebih bahagia dari pekerja di sektor lain.
Rajungan biru (Portunus pelagicus). Peneliti Indonesia menemukan jalan menghentikan kepiting saling kanibalistik. Guillermo Guerao Serra/Shutterstock

Cara baru dan murah membudidayakan kepiting kanibal lezat

Menempatkan kepiting kecil di gelas plastik jus menyelamatkan mereka dari kanibalisme. Kepiting bisa dibesarkan bersamaan dengan ikan bandeng di satu kolam.
Ikan berenang di sekitar anjungan minyak di East Flower Garden Bank di Teluk Mexico, Amerika Serikat. Schmahl/Flower Garden Banks National Marine Sanctuary

Mengubah anjungan minyak menjadi wisata terumbu karang, mungkinkah?

Di Indonesia ada 530 anjungan minyak yang sudah memasuki masa pensiun. Peraturan mewajibkan pembongkaran yang bisa memakan biaya jutaan dolar. Mengapa tidak dijadikan terumbu karang saja?

Top contributors

More