Menu Close

Articles on sekolah

Displaying 1 - 20 of 60 articles

Banyak sekolah kembali mengentikan pembelajaran tatap muka (PTM) akibat kembali meningkatnya kasus COVID-19. Perlukah masyarakat mencemaskan potensi hilangnya capaian belajar, atau “learning loss”? (ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha)

Mengapa “learning loss” adalah narasi yang bias: menjawab panik hilangnya capaian belajar di tengah pandemi

Kecemasan terkait hilangnya capaian belajar siswa selama pandemi, atau “learning loss”, seringkali merupakan narasi yang bias. Kami menawarkan lensa alternatif untuk memahaminya.
Warga melintas di depan mural COVID-19 di Jakarta, 2 November 2021. Pemerintah Jakarta melonggarkan pembatasan kegiatan masyarakat termasuk di sekolah dan tempat kerja. ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/foc

Jika diterapkan dengan baik, penutupan sekolah dan tempat kerja selama setahun pandemi di Jakarta bisa hemat hingga Rp 480 triliun

Dari riset ini bisa kita ketahui bahwa intervensi non-farmakologi dapat dipertimbangkan oleh pengambil keputusan untuk mengurangi risiko pandemi dari perspektif ekonomi.
Orang tua murid mendampingi anaknya mengerjakan tugas sekolah saat belajar dari rumah di Banda Aceh. (ANTARA FOTO/Ampelsa)

Studi tegaskan masifnya dampak orang tua dalam pembelajaran anak: kita harus bangun terus peran mereka selepas pandemi

Studi lembaga penelitian SMERU di Bukittinggi, Sumatera Barat menunjukkan bahwa orang tua di sana berhasil melampaui berbagai tantangan dalam mendampingi pembelajaran anak.
Indonesia mengelola jaringan madrasah (sekolah berbasis agama Islam) yang terbesar di dunia. Sekolah-sekolah ini telah berperan besar dalam memberikan akses pendidikan bagi anak perempuan, dan bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Taliban bisa belajar dari sistem madrasah di Indonesia untuk memperluas akses sekolah bagi perempuan di Afganistan

Indonesia bisa jadi model yang baik bagi pemerintah Taliban terkait bagaimana suatu negara mayoritas Muslim maupun organisasi keagamaan dapat memperluas akses pendidikan bagi anak perempuan.

Top contributors

More