Menu Close

Articles on Vaksinasi

Displaying 1 - 20 of 31 articles

Perawat menunggu orang yang datang untuk menerima vaksin COVID Moderna di pusat vaksinasi massal di Tokyo, Jepang, 24 Mei 2021. ANTARA FOTO/Carl Court/Pool via REUTERS/hp/cfo

Amerika akan lepaskan paten vaksin COVID-19, apa dampaknya bagi Indonesia dan negara berkembang?

Kebijakan luar negeri ini tidak lazim bagi Amerika Serikat yang sangat selama ini gencar mendukung dan mempromosikan hak-hak korporasi atas perlindungan kekayaan intelektual secara internasional.
Vaksin COVID-19 Astrazeneca sebelum diberikan ke pendiduk di Kota Jombang, Jombang, Jawa Timur, 22 Maret 2021. ANTARA FOTO/Syaiful Arif/hp

Fatwa haram tapi boleh: seperti ini proses produksi vaksin AstraZeneca sebenarnya

Ada cara untuk memastikan bahwa vaksin ini tidak mengandung tripsin porcine. Salah satunya dengan mendeteksi keberadaan residu DNA dari hewan yang ditargetkan dengan metode qPCR.
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada orang lanjut usia di Istora Senayan, Jakarta, 8 Maret 2021. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc

Mengapa vaksinasi COVID-19 swasta di Indonesia perlu kita dukung?

Perdebatan perlu tidaknya vaksin mandiri tidak akan mengemuka jika program vaksinasi berjalan dengan kecepatan yang diharapkan untuk mencapai herd immunity dalam jangka waktu yang ditargetkan.
Analis kimia sedang menganalisis hasil tes PCR di Laboratorium COVID-19 dan Farmakogenomik Unika Atma Jaya, Desember 2020. Robert Shen provided

6 cara membedah pseudosains di tengah banjir informasi pandemi

Korban pseudosains merupakan pihak yang rentan percaya karena ketidakmampuan menyangkal klaim berdasarkan sumber sahih, padahal memang klaim semu seperti itu tidak perlu dibuktikan kepalsuannya.
Peziarah berdoa di depan makam keluarganya di pemakaman khusus dengan protokol COVID-19 di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur, 2 Maret 2021. Pemakaman ini telah penuh terisi 1.050 jenazah yang meninggal akibat COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Setahun pandemi: ini 5 riset COVID-19 penting di Indonesia, agar kita tak terperosok berulang kali

Dari lima riset itu, cukup jelas bahwa bukti-bukti ilmiah lebih dari cukup untuk menyusun kebijakan yang efektif mengendalikan pandemi dan mengurangi dampaknya.
Presiden Joko Widodo (kiri) disuntik dosis kedua vaksin COVID-19 produksi Sinovac oleh vaksinator Wakil Ketua Dokter Kepresidenan Prof Abdul Mutalib di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (27/1/2021). Penyuntikan dosis kedua vaksin COVID-19 ke Presiden Joko Widodo tersebut sebagai lanjutan vaksinasi COVID-19 tahap pertama 13 Januari 2021 . ANTARA FOTO/HO/Setpres-Muchlis Jr/wpa/hp. Antar Foto

Tiga hal penting untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19 dari sudut pandang ekonomi perilaku

Faktor psikologis mampu mendorong masyarakat untuk menerima vaksin, untuk itu pandangan dari ekonomi perilaku bisa digunakan.
Petugas menurunkan kontainer berisi vaksin COVID-19, totalnya 1,2 juta dosis dari Cina, di Bandara Soekarno-Hatta Tangerang 6 Desember 2020. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/pras.

Vaksin COVID-19 tiba di Indonesia, apakah setelah vaksinasi virus corona akan hilang dengan cepat?

Semua calon vaksin itu menunggu pembuktian keamanan dan efikasinya. Kita perlu waktu yang lebih panjang untuk mendapatkan vaksin yang terbukti aman, nyaman, dan efektif.
Petugas medis melakukan simulasi uji coba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Abiansemal I, Badung, Bali, 6 Oktober 2020. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/foc.

Belum ada vaksin yang aman dan ampuh: mengapa pemerintah Indonesia buru-buru vaksinasi COVID-19 mulai November

Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa Desember akan dilakukan vaksinasi besar-besaran. Namun, apakah ada yang bertanya-tanya, vaksin apa dan dari manakah yang di maksud tersebut?
Petugas kesehatan menyuntikkan vaksin kanker serviks kepada siswa kelas VI dalam Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SD Negeri 8 Sumerta, Denpasar, Bali, Jumat (14/8/2020). Vaksinasi measles rubella dan kanker serviks tersebut menyasar siswa kelas I dan kelas VI di setiap sekolah dasar se-Denpasar yang dilakukan secara bertahap dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 termasuk mengatur jumlah siswa yang hadir ke sekolah. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/nym/pras. Antara Foto

KB, vaksinasi, dan SD Inpres telah bantu Indonesia kurangi kemiskinan selama 75 tahun, tapi tantangan ke depan masih banyak

Berbagai program pendidikan dan kesehatan dari pemerintah telah membuat masyarakat lebih produktif dan mengurangi angka kemiskinan.
Bill Chen di Bandara Internasional San Francisco setelah tiba dengan penerbangan dari Shanghai. Chen mengatakan suhunya telah diperiksa di bandara Shanghai sebelum dia berangkat. AP Photo/Terry Chea

Pandemi COVID-19: pesawat terbang cepat sebarkan penyakit, orang yang tak divaksinasi mestinya tak boleh terbang

COVID-19 jadi pandemi. Maka disarankan maskapai penerbangan mungkin memerlukan vaksinasi untuk penumpang.

Top contributors

More