Menu Fermer

Articles sur mahasiswa

Ensemble des articles

KKN universitas selama ini seringkali hanya dijadikan syarat administratif atau formalitas kelulusan mahasiswa. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Proyek Indonesia dan Australia bantu buat KKN kampus lebih efektif di 4 provinsi

KKN universitas selama ini dianggap tidak efektif karena hanya dijadikan syarat administratif atau formalitas. Suatu program kolaborasi Indonesia dan Australia mencoba menghadirkan skema alternatif.
Sejumlah mahasiswa menuntut pemotongan biaya kuliah serta transparansi anggaran universitas selama proses perkuliahan daring. (ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko)

Bantuan kuliah Nadiem masih solusi jangka pendek dan belum mengatasi ketimpangan PTN dan PTS

Dana Rp 1 triliun untuk keringanan biaya kuliah dari Kemendikbud yang diprioritaskan untuk PTS dinilai sebagai langkah baik. Tapi, akademisi mengingatkan kesenjangan antara PTN dan PTS masih tinggi.
Kebijakan #KampusMerdeka memperluas hak belajar di luar kampus - magang, riset lapangan, hingga proyek nirlaba - sampai 3 semester untuk setiap mahasiswa. Shutterstock

Belajar di luar kampus ala #KampusMerdeka: progresif tapi PR masih banyak

Menteri Pendidikan Nadiem Makarim baru-baru ini mengumumkan paket kebijakan #KampusMerdeka. Salah satunya, perluasan hak belajar di luar kampus seperti magang dan riset lapangan, hingga tiga semester.
Magang dianggap sebagai langkah baik untuk pengembangan karir, tapi belum semua perusahaan memberikan kompensiasi yang tepat. Shutterstock

Magang perlu dibayar atau tidak? Ini pendapat akademisi

UU Ketenagakerjaan sudah mewajibkan perusahaan untuk memberikan uang saku dan pada anak magang. Tapi, fakta di lapangan menunjukkan tidak banyak perusahaan di Indonesia yang melakukannya.
Gerakan Gejayan Memanggil, 23 September 2019, mendesak pemerintah dan DPR menunda pengesahan sejumlah rancangan undang-undang yang isinya mengancam kebebasan dan demokrasi. Faishalabdula/Shutterstock

Mengapa musik dan yel-yel mampu meningkatkan semangat dalam unjuk rasa damai?

Musik, khususnya yang bertempo cepat, juga membuat seseorang memiliki emosi yang lebih positif dan lebih bersemangat, sehingga dapat mempengaruhi adrenalin demonstran juga.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus