Articles on Vaksinasi

Displaying all articles

Petugas kesehatan memvaksinasi untuk mencegah difteri di sekolah dasar di Surabaya, 2013. Imunisasi terbukti meningkatkan kekebalan tubuh penduduk dari serangan penyakit menular. Spotters/Shutterstock

Hoaks anti-vaksinasi marak, bagaimana menyusun kebijakan kesehatan berbasis kebenaran ilmiah

Kehadiran bukti empirik dalam perumusan kebijakan kesehatan tak bisa ditawar-tawar. Namun kita belum memiliki strategi yang jelas untuk melawan miskonsepsi kesehatan di Indonesia.
Mendengar kecemasan seseorang ketika membicarakan keraguannya akan vaksinasi itu penting. www.shutterstock.com

Kiat jitu untuk hadapi orang yang meragukan efektivitas vaksin

Anda tidak harus menjadi ahli untuk menjadi pendukung vaksinasi yang efektif. Berikut adalah beberapa kiat jika berhadapan dengan orang yang tidak yakin jika dia harus memvaksinasi anak-anaknya.
Imunisasi campak dan rubella pada siswa MTSN 1 Makasar, 1 September 2018. Sehat Negeriku/Flickr

Cara mengejar target vaksinasi campak dan rubella di luar Jawa

Upaya Indonesia untuk mengiliminasi campak dan rubella pada 2020 nantu, terbilang terlambat. Pemerintah dan majelis agama harus bergandengan tangan.
Bayi menangis saat diimunisasi difteri di satu klinik di Cibinong, Bogor, Jawa Barat, 5 Desember 2017. Antara Foto/Yulius Satria Wijaya/via REUTERS

Wabah difteri di Indonesia: antara vaksinasi dan antibiotik

Wabah difteri saat ini tidak disebabkan hal tunggal. Tidak diselesaikan dengan memaki orang tua antivaksin. Tapi juga soal distribusi vaksin yang baik dan antibiotik yang tak seampuh dulu.

Top contributors

More