Menu Fermer

Articles sur COVID-19

Affichage de 1 à 20 de 290 articles

Asep Fathulrahman/Antara Foto

Wajib vaksin: hak individu atau kesehatan publik?

Alih-alih mengancam dengan hukuman, pemerintah perlu mengutamakan pendekatan persuasif dengan menegaskan makna program vaksinasi nasional sebagai suatu upaya gotong-royong untuk mengendalikan wabah.
Petugas kesehatan menyuntikan vaksin COVID-19 kepada orang lanjut usia di Istora Senayan, Jakarta, 8 Maret 2021. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/foc

Mengapa vaksinasi COVID-19 swasta di Indonesia perlu kita dukung?

Perdebatan perlu tidaknya vaksin mandiri tidak akan mengemuka jika program vaksinasi berjalan dengan kecepatan yang diharapkan untuk mencapai _herd immunity_ dalam jangka waktu yang ditargetkan.
Analis kimia sedang menganalisis hasil tes PCR di Laboratorium COVID-19 dan Farmakogenomik Unika Atma Jaya, Desember 2020. Robert Shen provided

6 cara membedah pseudosains di tengah banjir informasi pandemi

Korban pseudosains merupakan pihak yang rentan percaya karena ketidakmampuan menyangkal klaim berdasarkan sumber sahih, padahal memang klaim semu seperti itu tidak perlu dibuktikan kepalsuannya.
Petugas medis menyuntikkan vaksin COVID-19 Sinovac kepada tenaga medis di Puskesmas Setiabudi, Jakarta. Reno Esnir/Antara Foto

Layakkah prioritas vaksin COVID-19 untuk tahanan korupsi?

Tahanan KPK seharusnya bukan penerima vaksin prioritas baik berdasarkan situasi penahanan yang mereka jalani ataupun atas kejahatan yang telah mereka lakukan.
Pelacakan orang-orang yang baru tiba dari luar negeri harus ditingkatkan untuk mendeteksi varian baru virus corona. Calon penumpang di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, 2 Maret 2021. ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj.

5 hal penting terkait pengaruh virus corona varian baru dari Inggris masuk Indonesia

Pemerintah harus meningkatkan pendeteksian pada pada warga negara asing dan warga negara Indonesia yang baru tiba dari perjalanan luar negeri dan terkonfirmasi positif COVID-19.
Sejumlah calon penumpang pesawat udara berjalan di selasar Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (2/3/2021). Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah penumpang angkutan udara domestik pada Januari 2021 sebanyak 2,34 juta orang atau mengalami penurunan bila dibandingkan dengan Desember 2020 yang sebanyak 3,7 juta orang disebabkan oleh kewajiban tes COVID-19 dan imbauan pembatasan keberangkatan. ANTARA FOTO/Feny Selly/wsj. Antara Foto

Satu Tahun Pandemi: keberpihakan pada dunia usaha yang membawa petaka

Kebijakan pemerintah yang condong pro ekonomi telah membuat Indonesia terancam terperosok depresi.
Peziarah berdoa di depan makam keluarganya di pemakaman khusus dengan protokol COVID-19 di TPU Bambu Apus, Jakarta Timur, 2 Maret 2021. Pemakaman ini telah penuh terisi 1.050 jenazah yang meninggal akibat COVID-19. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/wsj.

Setahun pandemi: ini 5 riset COVID-19 penting di Indonesia, agar kita tak terperosok berulang kali

Dari lima riset itu, cukup jelas bahwa bukti-bukti ilmiah lebih dari cukup untuk menyusun kebijakan yang efektif mengendalikan pandemi dan mengurangi dampaknya.

Les contributeurs les plus fréquents

Plus